Senin, 26 Agustus 2013

Membuat homescreen model windows 8 di android

Siangggg....

Kebetulan, sebelum memakai HP android, sy juga pernah memakai HP windows, cuma saat itu masih windows 7. Kira-kira kuat setengah tahun, abis itu langsung pengen ganti lagi... :) Bukan soal OSnya seh, cuma saat itu memang pengen berganti dengan HP yang layarnya gede. Selain itu, kadang juga kesulitan saat ingin cari-cari aplikasi gratisnya.

Nah, ternyata setahun kemudian muncul HP dengan OS windows 8 yang tampilannya beda. Dan karena gencar banget promosi yang dilakukan oleh nokia selaku vendor yang banyak menggunakan OS ini di HPnya, mau tak mau saya tertarik juga untuk sekedar merasakan tampilan luarnya yang mdel kotak-kotak itu (coba model iklannya pak Jokowi ya, kan sama-sama suka yang kotak-kotak tuh...). Nah, karena layar HP saya yang sekarang agak gedean, jadi pas juga buat dipasangin homescreen model windows 8 ( coba aja kalau layarnya cuma 2,4 inchi dipasangin kotak-kotak gitu, apa jadinya..). Maka langkah pertama saya ya cari launcher atau tema windows 8 untuk android, tentunya yang gratis aja. Nah, dari berbagai launcher dan tema yang ada dan pernah saya coba, saya lebih memilih launcher windows 8+. Setelah saya dapatkan, langsung saya instal, dan begitu selesai diisntal, akan muncul pilihan seperti screenshot di bawah ini.
Di sini kita bisa mengatur pilihan sesuai keinginan kita, misalnya ngeset akun email dan sebagainya. JIka sudah, maka launcher ini bisa dimulai, sehingga muncul homescreen seperti gambar di bawah.
Nah, keunggulan launcher windows ini dibandingkan launcher windows 8 yang lainnya adalah adanya fitur live tile seperti contoh di atas. Jadi tilenya (kotak) sudah ada live tile jam, cuaca, email, twitter, dan lain-lain, yang tidak perlu harus memasang widget tersendiri. Di bagian bawah layar juga tersedia tombol untuk pengaturan dan lain-lain. 

Jika kita tarik ke bawah, maka masih tersedia berbagai pilihan tile (kotak) yang disediakan, atau bisa juga kita gantikan.


Tile ini juga bisa kita edit sesuai keinginan kita, misalnya layout dan warna-warnanya.

Sedang jika layar utama kita geser ke kiri, maka akan tampak seluruh aplikasi yang kita miliki, seolah muncul dari sisi kanan.


Agar semakin menarik, launcher windows 8 ini bisa kita kombinasikan dengan notif model windows juga, yang bisa kita download di playstore.

Berdasar pengalaman saya yang suka utak-atik, ternyata homescreen model kota-kotak gini menarik di awalnya, hanya saja saya hanya kuat memakainya selama 2 hari, setelah itu kok merasa bosan ya... :) Mungkin juga ini hanya subyektif karena saya memang gampang bosan. 

Ok, biarpun saya cuma bertahan memakainya selama 2 hari, siapa tahu ada yang tertarik memakainya, dan sesaat merasakan homescreen seperti punya Nokia Lumia yang kian membanjiri pasar. Silahkan dicoba ya, mumpung kita sangat dimungkinkan untuk itu. Coba kalau dibalik, HP yang berOS windows kan ga bisa buat coba-coba homescreen OS lain kan?

Yang belum punya launchernya, silahkan download di sini: Windows Launcher 8+ v 1.5.2

Selamat utak-utik ya... Sampai mata mengantuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar