Minggu, 17 November 2013

Panduan Cara Flashing Lenovo A800 Secara Detil dan Lengkap

Panduan Cara Flashing Lenovo A800 Secara Detil dan Lengkap

Salam Sejahtera

Sesuai janji di awal, kali ini saya ingin share pengalaman saya saat akhirnya bisa flahsing lenovo saya. Terus terang saya sudah membaca dan mencermati panduan yang ada di grup fb maupun di kaskus, tetapi ternyata tetap tidak bisa. Rupanya ada yang miss panduannya.

Akhirnya, dengan cara trial and error, saya coba-coba aja sendiri. Entah sudah berapa kali itu HP saya bongkar pasang baterai maupun simcard dan memorynya. Nyatanya tetap buntu. Justru setelah saya sudah mau putus asa, akhirnya HP saya terbaca juga oleh flashtoolnya.

Oh iya, biarpun sebenarnya kita bisa ganti rom / custom rom dengan bantuan aplikasi mobileuncle atau rom toolbox, tetapi saya rasa bagi yang HP Lenovo A800-nya sudah dicustom rom tetap harus bisa flashing. Mengapa? Untuk jaga-jaga saja, siapa tahu suatu saat HP kita benar-benar mati total, tidak bisa nyala dan tidak bisa masuk ke recovery. Maka jalan satu-satunya hanya flashing memakai flashtool bukan?

Ok... Untuk itu mari kita ikuti pengalaman saya itu.

Panduan Cara Flashing Lenovo A800 Secara Detil dan Lengkap

1.         Siapkan Lenovo A800 dalam kondisi full baterai, kabel data, segelas kopi, sebungkus rokok, dan jangan lupa berpikir positif... :
2.         Siapkan bahan-bahannya. Cukup download satu folder zip ke komputer / laktop,  yakni A800_RUS_S107. Jika belum punya, silahkan download di sini. Oh iya, perlu dipahami, bahan flashing ini adalah rom asli Lenovo A800, jadi nantinya akan membuat rom Lenovo A800 menjadi seperti semula, seperti saat kita baru beli.
3.         Setelah downloadnya selesai, langsung aja diextract. Hasilnya, di dalam folder A800_RUS_S107 sudah ada  5 sub-folder sbb: Flash_Tool, apdb, modemdb, usb_driver, target_bin (target_bin adalah software rom Lenovo A800).

4.         Buka folder Flash_Tool  dan jalankan program flash_tool.exe.

5.         Buka folder usb_driver  siapkan USB Driver MTK6577 nya.


6.         Langkah selanjutnya, matikan Lenovo A800, lepas simcard dan SDcard nya juga. Ingat, yang dilepas hanya simcard dan Sdcard (memory eksternalnya). Baterainya jangan! Saat saya gagal terus, artinya HP tidak kedeteck oleh flashtool, itu terjadi karena baterainya saya copot, sesuai panduan yang saya peroleh dulu.
7.         Langkah selanjutnya, buka saja Control Panel di komputer / laktop, pilih hardware and sound, lalu pilih Device Manager, lalu buka programnya.

Setelah itu, sambungkan Lenovo A800 ke PC via kabel data. Mungkin begitu kabel data dicolokkan ke komputer / laktop, akan terdengar bunyi klik yang menandakan komputer ingin menginstal Lenovo A800nya. Lalu buka layar Device Manager tadi, dan cari dibagian port Other Device ataupun di atas / bawahnya, akan muncul  driver Leno (MT65xx) yang masih berupa tanda tanya, maka klik kanan  tulisan MT65xx itu, pilih properties, update driver secara manual dan arahkan ke folder MT6577 yang tadi didownload dan diextrack. Setelah terupdate barulah program Flash Tool mengenali HP Lenovo A800 kita. Maka sekarang kita siap untuk ngeflash. Ohya, rata-rata kesulitan banyak orang adalah di bagian barusan, flashtool tidak bisa membaca HP kita karena drivernya tidak terinstal.

8.         Kita beralih ke jendela Flash Tool, di baris kedua kita diharuskan untuk membuka pilihan (scalter-loading), maka  arahkan ke folder target_bin > MT6577_Android_scatter_emmc.txt (hasil extract folder tadi).

9.         Setelah baris kedua tadi diisi, otomatis di bagia bawah akan terisi banyak file. Biasanya langsung otomatis sudah dalam keadaan dicentang. Jika belum, centang saja (DA DL All with chek sum).
10.     Lalu klik Firmware-Update. Biarpun sudah diklik, biasanya proses belum jalan. Maka cabut dulu kabel datanya dari laptop, lalu segera tancapkan lagi, maka  proses flashing akan segera berlangsung, diawali oleh warna blok MERAH di bagian Loading Progres Bar, setelah itu warna kuning seperti gambar di bawah.

11.     Tunggu dan amati  proses flashing sampai selesai.
12.     Setelah firmware terinstal dengan baik, artinya flashing selesai dengan sempurna, akan muncul kotak kecil dan di dalamnya ada lingkaran hijau.

13.     Maka proses flashingnya sudah benar-benar selesai. Cabut kabel data, pasang kembali simcard dan SDcard-nya, lalu nyalakan Lenovo A800.
14.     Maka HP Lenovo A800 akan booting untuk masuk ke system. Tidak usah panik, proses bootingnya akan lama saat pertama.

15.     Ok, maka kita bisa tersenyum puas.... Lenovo A800 kita sudah kembali perawan Bro...
16.     Nah, biasanya habis itu ya kita kumat lagi. Udah perawan, eh kita jebol lagi... Lagi-lagi custom rom deh. Emang ga ada habisnya, dan kayak buang-buang waktu juga. Tapi biarin... J


Moga membantu ya... Jika ada yang mau menambahkan, silahkan koment aja di bawah!

50 komentar:

  1. Dear mas nugroho,

    Saya mau tanya, kok pada saat hp di sambungkan via kabel ke komputer, sempat terbaca oleh Device Manager, tapi kemudian loss connect (tanda tanya kuningnya hilang). tapi saya teruskan, jalankan program flash-nya, saya ikuti langkahnya sampai tahap "firmware upgrade". setelah itu prosesnya ga jalan-jalan....

    Mohon pencerahannya mas,

    Terima kasih,
    Fiqri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu proses ga jalan2, artinya emang HPnya belum kedetect. Saat kabel data dicolokkan ke komputer, biasanya langsung kebaca, cepet2 diupdate drivernya...

      Hapus
    2. Sebagai tambahan, siapa tahu ntar ada yang kesulitan lagi, saat sudah mencet/klik tulisan "firmware upgrade" biasanya proses ga jalan-jalan. Jika seperti itu, setelah klik "firmware upgrade", setelah beberapa detik CABUT aja kabel datanya dari laptop, lalu segera colokkan lagi.... Niscaya akan terbaca dan prosesnya akan jalan.

      Hapus
  2. posisi hp mati hp ku gak kedeteck bang.,.,,,
    cuma ngechas aja

    BalasHapus
  3. mas saya kemarin pakai cusrom A, udah saya flash sesuai tutorial di atas tapi kenapa HH saya ga ada suaranya? kalo diset di engineer mode selalu not responding. mohon pencerahan....

    746B3402

    BalasHapus
  4. mas ..klo lenovo a60 plus sama ga cra'ya
    punya ane butuh di flsh

    BalasHapus
  5. Mas saya ada kendala nih, kenapa ya pada saat saya menginstall aplikasi FONT (huruf) di MyFont setelah saya install ternyata kan dari HP ini memerintahkan ke saya untuk Reboot/ Restart HP, loh kok setelah di Restart tampilannya malah hanya Cover Depannya ajah (example : Lenovo For Those Who do)

    saya udah tunggu sampai beberapa menit kok gak tampil-tampil juga menu utama hp ini, kenapa y mas?
    tolong dibantu mas

    Terima kasih

    BalasHapus
  6. trims bos .sukses slalu

    BalasHapus
  7. trmks bos.sukses slalu.

    BalasHapus
  8. Mas Bro,,, Guna dari Flashing itu apaan? bedanya sama root dan installulang apa? aku baru pake android & aku punya lenovo a800, masih suci, pengen ku otak atik,, biar beda dengan yang lain... mohon penjelasanya.. :) Trimakasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flashing itu istilah aja, artinya sama dengan nginstal ulang sistem. Kalau di komputer ya namanya instal dan format. Supaya bisa flashing sistem, kita harus root dulu, agar kita bisa mengakses masuk lebih dalam ke sistem dan memperoleh hak untuk mengubah sistem. Nah, flashing yang saya terangkan di atas adalah flashing dengan bantuan komputer, sistem lama diganti dengan sistem lenovo a800 yang aslinya. Selain dengan cara di atas, kita bisa flashing dengan cara yang lebih mudah, yakni dengan bantuan aplikasi semisal mobileuncle, romtoolbox, power option, dll, yang intinya membantu kita masuk ke recovery mode. Tapi harus dirot dulu ya hpnya...

      Hapus
  9. tolongin aku gan hp lenovo A 800 ku msti

    BalasHapus
  10. sangat membantu kawan, thanks alot :D

    BalasHapus
  11. makasih banyak tutornya bos,, berkat anda hapeku bisa idup lagi,,
    nice info nie.

    BalasHapus
  12. kalo saat flashing keluar brom error 1041 gimana ya mas?

    BalasHapus
  13. Ada kemungkinan file yg didownload corrup....

    BalasHapus
  14. file yang dimana yang corrupt mas? download-an romnya atau apa?

    BalasHapus
  15. kemungkinan sih....soalnya saya sendiri belum pernah ngalamin.

    BalasHapus
  16. Horeeeeeee berhasiL...
    Thanks ya juragan..

    BalasHapus
  17. gan, link.nya koq gk bsa d download.... hrus pakek baidu..gmna tu cranya??

    BalasHapus
  18. om kalo hp hengah gmana ya cara flashing nya?

    BalasHapus
  19. lenovo nya sudah ke detect, udah coba cabut trus tusuk lagi tapi tetep ga jalan2 progres flashtool nya

    gimana ya??

    BalasHapus
  20. setelah di flash A800 gk detect sim card gmn nih ?

    BalasHapus
  21. mantaps bos...trima ksh bnyk leno sy skrg sdh normal lg, gara2 kmrn slh milih cusrom milik android lain,,,niatny sih pgn coba2..eh mlh unbrick..hehehe, top jempol buat mas setyo

    BalasHapus
  22. Same2 Bro... Mampir kesini: https://www.facebook.com/groups/leenovoa800indonesia/

    Disana byk yang jago...

    BalasHapus
  23. Gan, gk kebaca jg usb nya.
    Gmn ni y gan?
    Pdhl dh ane ikuti semua instruksi nya.
    Mohon di bantu lah gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya paling hrs dicoba terus gan....yg teliti..

      Hapus
  24. Puji Tuhan...

    Saya admin UI Wajo (Sul-Sel), dan sy acungkan 2 jempol buat mas nugroho atas infonya... berkat info di atas, dan langkah-langkah yang mendetail, HH sy (lenovo a800) kembali perawan dua kali.. (kok dua kali?),, hehe namanya juga suka "bongkar perawan" sdh di jebol, yaa di operasi perawan lg alias di flashing.. hehehe dan sy comment kali ini karna ini yang ketiga kalinya sy flashing HH sy dan tetap menggunakan langkah-lankah di atas...dan hasilnya... KEMBALI BARU alias Fresh From The Oven..

    buat mas nugroho, sukses terus dan ingat mas, jangan kaya blog tetangga yang katanya harus lepas baterai HH,, ehh nyatanya proses flashing ga jalan.. hehee

    sekian comment sy dan buat yg belum bisa flashing, ikuti langkah berikut : 1) berdoa kepada Tuhan, 2) jangan panik, 3) ikuti langkah2 di atas yg sdh di post oleh mas nugroho...

    see you next flashing.. hahahaha

    BalasHapus
  25. gan maaf kalo driver usb nya dimana ya?? ko di folder driverusbnya cuma ada file setup info

    BalasHapus
  26. mas...saya kok gagal ya...trakhir tulisan brom error...help gan..

    BalasHapus
  27. dwnload dmna ya,,kok slalu eroor di 1041 1040,,ada ga rom asli yg work 100%,,,mkasih

    BalasHapus
  28. gan knp di HH ane gagal terus ya
    sdh dicolok dan cabut kabel usb tetep aja ga jalan
    pas dicolok kedeteck di device managernya MTK trus ilang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo maslah sperti itu
      Sblm di colokin tekan pwer up dan down brsamaan baru di colok

      Hapus
  29. download yg 400 mb itu di dalam nya udh ada stock romnya yh gan..?

    BalasHapus
  30. gan leno ane kok gak kedetect di device manager ya...udh tak teliti ttp gak ada driver MT65xx di kompi ane..jd mw update drivernya ga bisa...mhn pencerahanya gan ...

    BalasHapus
  31. Selalu muncul brom error, mohon solusi tabg tau

    BalasHapus
  32. Kalo gak detec isntal lagi computernya

    BalasHapus
  33. Ada yg bisa bantu error cheksum 1041 gak?
    Klo di flashtool di format biasa hp kan mati, ini stelah di format hp bgtu aja gak mati dan tdak ada prubahan

    BalasHapus
  34. terima kasih ya mas infonya 100% work. menambahkah, supaya ga repot instal drivernya ke http://forum.androidurdu.net/showthread.php?tid=190
    salam hangat buat admin.....

    BalasHapus
  35. Gan me udah coba caranya gan. Hh ane udah ke deteck dan udah suskes di flash di kompi. Tapi kenapa belum ke flash hpnya gan. Masih saa kaya sebelumnya gan. Pencerahanya dong gan.

    BalasHapus