Senin, 25 April 2016

Review Rom Cyanogen Mod 12.1 Pada Xiaomi Redmi 3

Met siang...

Setelah beberapa minggu memakai xiaomi redmi 3, akhirnya saya berkesempatan flashing rom cm 12.1 via twrp (kebetulan saya sudah berhasil unlock bootloader xiaomi redmi 3).


Bagi yang pengen mencoba rom cyanogen mod 12.1 ini, saya ingin membagikan pengalaman saya, siapa tahu bisa menjadi bahan pertimbangan.

Kelebihan / nilai plus rom cm 12.1:

Ringan, dengan sisa ram sekitar 1,2 Gb saat belum diberi aplikasi tambahan.
Ukuran file zip tergolong kecil, sekitar 370-an Mb. Bandingkan dengan rom lain yang flash via MiFlash. Tetapi belum disertai dengan file gapps, sehingga kita harus download tersendiri. Silahkan keduanya cari di web miui.
Feel yang berbeda dalam penampilan home screen, icons, sistem ui, dll dibandingkan dengan rom xiaomi redmi 3 yang lain, yang masih terasa rasa khas miui-nya. Kelebihan yang lain, tersedia thema-thema yang keren-keren untuk merubah penampilan, kebanyakan theme elegant. Jika ingin root, rom ini memudahkan. Tinggal hidupkan developer mode, aktifkan root akses. Bagi yang mencari rom yang menyediakan pilihan bahasa indonesia, di cm 12.1 ini anda akan menemukannya.



Kekurangan rom cm 12.1:

Sepertinya rom ini belum fix benar. Ada beberapa bugs yang saya rasakan mengganggu. Yang pertama, nyala lampu led yang tidak kedip-kedip tetapi menyala terus saat ada notifikasi/pesan masuk. Ini sangat mengganggu tentunya, dan pasti berpengaruh ke pemborosan baterai. Belum tersedia double tap screen off, padahal fitur ini penting bagi kebanyakan orang. Kecerahan dan fitur kamera yang kurang oke bagi saya. Hasil jepretan cenderung gelap (saya bandingkan dengan rom dev, swing, greatslon, stable). Entah kenapa, saat charge baterai, tidak muncul text prosentasi baterai. Saya tidak tahu tingkat kepenuhan ngecharge-nya.

Berikut saya sertakan beberapa ss :






2 komentar: