Minggu, 24 April 2016

Panduan Lengkap Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 3

Met pagi...

Buat yang suka dengan android, pasti setuju bahwa satu kesenangan yang bisa kita peroleh adalah saat kita bisa ngoprek, dalam hal ini mencoba rom yang cocok dengan selera kita. Begitu pun saat saya memegang xiaomi redmi 3 ini. Keunggulan utama di daya tahan baterai yang saya dapatkan melalui xiaomi redmi 3 ini akan semakin lengkap jika saya bisa memadukannya dengan rom yang cocok dengan selera saya.

Masalahnya, ternyata untuk ganti rom bawaan dengan rom baru kita tidak bisa langsung melalui jalur recovery, twrp misalnya. Xiaomi redmi 3 ini ternyata masih dilock booatloadernya saat dijual. Memang sih, ada alternatif lain jika ingin ganti rom, yakni dengan MiFlash atau bisa juga dengan Adb, cuma untuk rom tertentu tetap harus via twrp. Maka, jalan satu-satunya, saya mencoba unlock bootloader xiaomi redmi 3 ini.

Dan prosesnya ga secepat dan segampang yang saya bayangkan. Ternyata harus melalui proses mengajukan diri resmi ke webnya, dan menunggu kurang lebih 2 mingguan.

Karena sekarang saya sudah berhasil, maka tidak ada salahnya jika saya bagikan pengalaman saya. Yuk kita ikuti prosesnya!

Syarat-syarat pengajuan UBL:

- Pastikan rom yang dipakai adalah rom developer china
  Jika belum, maka harus melalui proses pergantian rom dulu, dengan tahap sbb:
  rom distributor ==> rom stable china (flash dengan MiFlash) ==> rom developer (via updater)
  Rom developer yang dipakai adalah rom versi terakhir, maka downloadnya ketika akan segera        dipakai saja.



Berikut ini langkah-langkah melakukan unlock bootloader Xiaomi Redmi 3:

·         Kita harus mempunyai akun xiaomi terlebih dahulu, jika belum punya silakan membuat dahulu di en.miui.com

·         Lalu buka link untuk unlock di en.miui.com/unlock dan klik UNLOCK NOW


·         Silakan isi full name, phone number (set ke Indonesia +62) dan reason to unlock (dalam bahasa inggris, jika susah gunakan saja fasilitas tranlate chrome). Nomoer HP yang dipakai untuk mendaftar UBL ini tidak harus nomer SIM yang dipakai di HP xiaomi redmi 3 (ini pengalaman saya pribadi).  Setelah itu, jangan lupa centang tanda persetujuan syarat & ketentuan, lalu klik 

·         Maka dalam waktu singkat, kita akan mendapatkan kode verifikasi pengajuan UBL melalui sms di nomer HP yang kita daftarkan tadi. Silakan masukan kode verifikasi yang dikirimkan!

·         Tunggu maksimal 10 hari dan kita akan mendapatkan SMS konfirmasi persetujuan unlock bootloader. Apakah selama menunggu sms ini HP kita hanya boleh memakai rom developer saja? Nah, menurut pengalaman saya, ternyata tidak. Selama menunggu itu, saya bolak-balik ganti rom, tetapi melalui jalur MiFlash dan updater.




·         Setelah mendapat sms seperti gambar di atas (kata banyak orang, namanya sms cinta, karena bikin ga sabar bro), silahkan buka web unlock di laptop, dan klik download MiUnlock, lalu install di PC atau Laptop.

·         Selanjutnya, buka aplikasi MiUnlock lalu masukkan Mi Account dan password agan. Pastikan PC atau Laptop  mempunyai koneksi internet yang stabil agar proses unlock berjalan lancar


·         Beralih ke HP, matikan Redmi 3 agan, tekan VOL - dan POWER sehingga Redmi 3 agan masuk FASTBOOT MODE lalu hubungkan ke PC atau Laptop via kabel USB hingga terdeteksi di MiUnlock (tunggu beberapa saat hingga proses detect drivernya selesai)



·         Klik UNLOCK dan tunggu hingga proses unlock bootloader selesai.



·         Klik REBOOT PHONE untuk merestart Redmi 3 agan. Selamat, Redmi 3 agan sudah unlock bootloader



Nah, sekarang Xiaomi Redmi 3 sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, dan siap untuk langkah selanjutnya, yakni pasang twrp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar