Kamis, 14 November 2013

Panduan Cara Custom ROM HP Lenovo A800 Secara Lengkap dan Detil


Siang....

Kali ini saya ingin sharing pengalaman saya dalam mengganti rom/sistem dari HP Lenovo A800 yang saya miliki. Setelah melalui pertarungan berdarah-darah, antara kekuatiran akan nasib HP saya kalau gagal vs hasrat menggebu-gebu untuk membuat kinerja Lenovo A800 saya berjalan minimal lancar, plus motivasi menambah pengetahuan saya, sekaligus mengisi waktu kosong yang ada.  Akhirnya, saya melangkah awal dengan membaca panduan-panduan yang ada di grup facebook lenovo a800 maupun sumber lainnya. Tetap saja membingungkan, khususnya bagi saya yang awam.

Sebagai pendahuluan sebelum ganti rom (custom rom), tentunya saya sudah sukses belajar rooting. Nah, setelah berhasil ngeroot, maka saya siap untuk langkah ini. Secara detil, silahkan lihat penjelasan di bawah ini ya...

Panduan Cara Custom Rom HP Lenovo A800 Secara Detil

  1. 1.      HP Lenovo A800 sudah dalam keadaan rooted, usahakan kondisi baterai full.
  2. 2.      Sebetulnya banyak jalan ke roma, termasuk cara custom rom ini. Ada yang memakai cara flashing menggunakan bantuan komputer / laktop, ada juga yang tidak menggunakan komputer. Nah, kebetulan saya memakai cara terakhir (walaupun sebenarnya saya juga sudah mencoba cara flashing dengan komputer, dan nanti akan khusus saya publish di lain waktu). Maka, saya segera menuju playstore untuk download aplikasi yang dibutuhkan dalam custom rom, yakni: mobile uncle.apk dan rom toolbox lite. Apk. Silahkan download dan instal. Jika SuperSu meminta ijin, silahkan iyakan.
  3. 3.      Selanjutnya, siapkan bahan utama untuk bisa custom rom ini. Seperti saat kita mau instal sistem komputer, kita juga harus masuk sistem seperti DOS saat di komputer. Maka kita perlu download recovery.img (ukuran filenya sekitar 5,2 Mb). Jika belum punya, silahkan download disini.
  4. Siapkan juga rom yang ingin dipakai, biasanya ukurannya sekitar 150 – 250 Mb, dalam bentuk zip (tentunya rom ini berbeda dengan rom asli bawaan pabrik). Di bawah ini contoh rom yang pernah saya pakai.... Lumayan banyak juga kan?
  5. Silahkan cari di grup facebook lenovo A800, disana disediakan banyak sekali rom khusus untuk Lenovo A800. Setelah menentukan pilihan, segera download.  Oh iya, baik recovery maupun rom ini bisa didownload ke komputer atau ke HP sekalian. Jika download via komputer, maka setelah selesai file harus dipindahkan ke HP di SD Card (biarkan di folder SD card, jangan dimasukan lagi ke sub folder). Begitupun jika download langsung ke HP, biasanya filenya ada di sub folder download, maka harus di pindah ke SD Card.
  6. 4.      Setelah bahan dasar siap, maka segera buka aplikasi mobileuncle yang tadi sudah kita instal di HP.
  7. 5.      Setelah masuk, pilih Recovery Update.
  8. 6.      Setelah diklik dan masuk ke Recovery Update, maka dapat kita lihat banyak pilihan jenis recoverynya. Nah, silahkan pilih yang paling atas: Recovery file in SDCard2. Maka mobileuncle akan mencari file Recovery.img (5,2 Mb) yang tadi kita letakkan di SDCard.
  9. 7.      Maka akan ada pilihan untuk masuk ke recovery mode / reboot into recovery mode.
  10. 8.      Silahkan pilih ok, maka HP akan booting dan masuk ke TWRP (Team Win Recovery Project).
    Tampilannya seperti yang di bawah ini (kayak boot kalau kita instal sistem komputer). Banyak option kan? Nah, sebenarnya sekarang kita udah siap untuk custom rom.
  11. 9.      Mungkin perlu dijelaskan dulu option2 itu. Biarpun sudah siap untuk instal, jangan lakukan dulu. Sangat penting untuk jaga-jaga, maka kita harus backup dulu rom yang kita pakai. Silahkan pilih backup.
  12. 10.  Setelah backup selesai, pilih option Wipe, dan pilih wipe Cache, Dalvik Cache, lalu back ke langkah sebelumnya.
  13. 11.  Maka sekarang kita bisa pilih instal, dan kita arahkan rom mana yang mau diinstal. Karena tadi diletakkan di SDCard, maka kita cari di SDCard. Setelah ketemu, silahkan pencet, dan akan ada pilihan swipe untuk flash.
  14. 12.  Nah, tinggal tunggu proses flashingnya.... Hingga suatu saat akan diminta untuk reboot.
  15. 13.  Silahkan pilih reboot, dan HP lenovo A800 akan booting ke sistem. Biasanya akan butuh waktu yang lebih lama. Jangan kaget jika saat booting akan menemui logo yang berbeda, karena logonya tergantung juga pada rom yang kita pilih.
  16. 14.  Sepp.... Maka silahkan nikmati Lenovo A800 rasa OPPO, LEWA, MIUI, atau custom lainnya.
  17. 15.  Lalu, mungkin ada pertanyaan, fungsi rom toolbox yang tadi didownload dari playstore tadi apa donk? Yaaa..... Sebetulnya fungsinya mirip dengan mobileuncle kok.
    Cuma, setelah custom rom berhasil, saya pribadi lebih memilih menggunakan rom toolbox ini karena fiturnya lebih lengkap.
    Oh iya, selanjutnya, jika bosen dengan rom yang barusan kita flash, kita tinggal masuk lagi ke recovery mode tadi (bisa memakai mobileuncle atau rom toolbox), lalu instal rom yang lain. Tetep, sebelum instal harus wipe chace dan dalvik dulu yaa.... 
SCara di atas adalah cara paling praktis menurut saya pribadi yang newbe atau awam. Tentunya setiap metode ada plus minusnya. Saya juga tidak ketinggalan pernah mengalami stak di booting saat mau masuk ke sistem (bootloop), tetapi dengan penuh perjuangan akhirnya berhasil. Justru saya menulis panduan ini karena bagi saya, ini adalah cara termudah. Dan efeknya, setelah tahu caranya custom rom ini, efeknya saya jadi keranjingan gonta-ganti rom, dan harus download beratus-ratus Mb untuk rom yang saya minati. Jelas kan? Akan berimbas ke kuota internet saya... :) 

Tapi, tetap saja menyenangkan. Dan di bawah ini saya perlihatkan rom kesukaan saya (setelah sekian kali ganti rom). Ringan, ada stylenya juga.... ROM LEWA.


29 komentar:

  1. biasanya berapa lama bootingnya ya.. sdh 15 mnt msh teteap booting dan pada logo yang sma.

    BalasHapus
  2. Ga selama itu klu normal... palingan 2-3 mnt. Klu 15 mnt berarti dah bootloop..... coba masuk lg ke recovery mode dgn cara manual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara recovery modenya bagaimana????

      Hapus
    2. Cara masuk ke recovery dari hp mati:
      1. Cabut batre,lalu pasang lagi ( JANGAN NYALAIN dulu )
      2. Tancapkan Charger
      3. Saat indikator Batrey Charger udah nyala, TEKAN TOMBOL VOLUM (+) dan VOLUME (-) secara bersamaan, sampai layar jd GELAP ( tombol ttp di tekan).kemudian,
      4.TEKAN TOMBOL POWER.
      5.MODE Recovery

      Hapus
    3. terus kalo uda masuk recovery mode gimana lagi caranya bos ,soalnya yg saya bootloop juga ni

      Hapus
    4. Lakukan lagi all wipe (data, chace, dan factory), coba flash ulang. Klu bootloop lagi, kembali lagi ke rom yg dahulu saja, dengan restore di recovery mode (diandaikan agan sudah backup rom sebelumnya), habis itu baru dicheck rom yang tadi mau diflash udah komplit blom downloadnya. Klu ternyata belum dibackup, brarti agan ga bisa restore ya... berarti hrs diflashing dengan stok rom.

      Hapus
    5. bang ane kgk bisa ?? padahal udah saya tekan volume + ama volume - secara persamaan terus tombol power tapi .. kok gak bisa mode recorevery?
      gimana solusinya thanks

      Hapus
  3. cara instal gappsnya gimana? sama download gappsnya dimana?
    emailin ke fariswinawan@gmail.com

    BalasHapus
  4. Cara instal gapps:

    Download gapps dulu di http://db.tt/kRQm3O6O
    Simpan gapps di sdcard
    Masuk ke recovery mode
    Lalu flashing gappsnya.

    Intinya sama seperti saat mau flashing ROM.

    Moga membantu...

    BalasHapus
  5. tolong di share donk room khusu lenovo a800 nya link yg " facebook lenovo A800" itu file content tidak ditemukan. terima kasih.

    BalasHapus
  6. Nih sumber-sumber buat download rom khusus Lenovo A800: http://killmydroid.blogspot.com/2014/04/sumber-download-rom-untuk-hp-lenovo-a800.html

    BalasHapus
  7. halo gan...
    saya masih awan soal android, kebetulan saya memakai lenovo a800.
    bisa nga minta bantuan cara upgrade a800 dari ICS ke jelly bean...
    langkah2 apa aja yang diperlukan...
    email saya halmahera9@yahoo.com
    grazie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ada custom rom ke jely bean, klu murni upgradenya ga ada....

      Hapus
  8. gan kalo udah selesai buat custom room ngembaliin file/backup-pan kita gimana gan??super su jga malah ga nongol ni punya ane..

    BalasHapus
  9. maksudnya backup file? Klu backup aplikasi, tergantung td backupnya pakai titanium backup / rom toolbox/dll...nah klu pakai titanium backup, ya instal lg titanium backupnya, lalu masuk ke sono dan restore lagi aplikasi yg kita inginkan... Klu super su ga nongol, brarti hrs diroot dulu custromnya...

    BalasHapus
  10. gan cara masuk mode recovery dari posisi hape mati gmn yah?

    BalasHapus
  11. Cara masuk ke recovery dari hp mati:
    1. Cabut batre,lalu pasang lagi ( JANGAN NYALAIN dulu )
    2. Tancapkan Charger
    3. Saat indikator Batrey Charger udah nyala, TEKAN TOMBOL VOLUM (+) dan VOLUME (-) secara bersamaan, sampai layar jd GELAP ( tombol ttp di tekan).kemudian,
    4.TEKAN TOMBOL POWER.
    5.MODE Recovery

    BalasHapus
  12. gan kalo lewa 13.14.02 wifinya lemah, jauh dikit aja dari ap(access point) sinyal hilang, gimana cara ngakalinnya. thanks gan

    BalasHapus
  13. maaf gan mau tanya, itu pas di reboot, lamanya skitar berapa menitan ya.? punya saya udah hampir 30menit gak masuk-masuk

    BalasHapus
  14. Itu mah namanya ga sukses gan, alias bootloop.... Biasanya karna lupa wipe data, chache, dan factory reset sebelum flashing rom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kalok cyanogenmodnya lama banget tu gimana gan? apa itu botlop jua?

      Hapus
  15. Saya sekarang pake costum lewa di hp lenovo a800. Terus mau dikembalikan ke official rom nya, caranya gimana yah??? Bisakah flash tanpa pake Komputer??

    BalasHapus
  16. Sementara ini, yg saya tau, kalau mau ke kembali ke official rom ya pakai flashing mas... Bukan custom rom, tapi flash. Dan maaf, yg saya tau cuma memakai bantuan komputer... Mungkin rekan yang lain bisa membantu?

    BalasHapus
  17. Gan...
    stelah download Cusrom, kan masih File ZIP.!
    apa harus di extract dulu?

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Pakai aplikasi...lihat di grup FB aja gan..

      Hapus
  19. gan a800 sy udh pernah di root dan ganti pk custom room. Setelah sy factory reset trus mau ganti room udh masuk ke mobileuncle dan rom udh sy donload knp ga bisa di instal ya. Selalu dibilang failed to instal. Knp ya

    BalasHapus