Jumat, 02 Mei 2014

REVIEW ROM SIAGUSMOD V2.1 PADA LENOVO A800

REVIEW ROM SIAGUSMOD V2.1 PADA LENOVO A800
Ngacirnya Rom Bikinan Anak Negri

Met Pagi semua, and salam sejahtera (biar pada sejahtera Bro...)

Setelah beberapa kali mencoba rom buatan anak negri orang (kebanyakan sih hasil kreativitas anak negara china), kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mencoba mencintai kreativitas anak negri Indonesia. Oh iya, sebenarnya saya sudah beberapa kali menggunakan rom ini,dari beberapa versi awal hingga yang sekarang ini.
            Nama rom        : siagusmod v2.1
            Ukuran file        : 145 MB (irit banget Bro)
            Type file           : WinZip File (.zip)
            Sumber file       : Coba cari di sini Bro...!
            Catatan            : Hanya untuk yang Hpnya sudah diroot dan pernah custom rom

Setelah memastikan rom siagusmod v2.1 selesai didownload, maka saya letakkan di sd card. 

Abis itu langsung saya flash seperti biasanya. 
  1. Setelah melalui tahap booting yang disuguhi animasi yang ga neko-neko (justru yang saya suka, karena tidak menguras baterai), akhirnya saya nyampai di home. Dapat kita lihat default wallpaper yang khas, putih jernih deh...
  2. Langsung saya masuk ke daftar aplikasi untuk melihat aplikasi bawaannya. Ternyata ada power option (bisa digunakan untuk masuk ke recovery mode), lalu sudah tersedia playstore.  Selain itu, rom sudah dalam keadaan rooted. Mantablah Bro...

  3. Sedangkan fitur tampilan settingan dapat dilihat di bawah ini. Tentu tampilan kontak di sini setelah saya lakukan proses sync dengan google.






  4. Dalam keadaan default, ram tersisa kira-kira 250 MB, bahkan biarpun sudah saya pasang beberapa aplikasi (tapi belum semua saya buka aplikasinya), ram tembus 288 MB... Gila Bro, setahu saya, ini termasuk paling besar yang pernah saya temui, selain rom gogle ICS minimal.
  5. Nah, setelah semua aplikasi saya gunakan dan berjalan di background, berikut variasi ram yang tersisa.


  6. Salah satu nilai plus rom bikinan anak negri ini adalah adanya beberapa update tambahan, misalnya tampilan status bar seperti yang terlihat di scren shot (ss) di atas. Di status bar terlihat ada tampilan jam analog, lalu status bar juga lebih lebar, sekaligus transparan. Jika mau, tinggal sedot filenya di sini, lalu flash lewat recovery mode!
  7. Saat saya check buat menjelajah dunia maya, halaman web dapat dibuka dengan cepat dan mulus. Buat masuk ke playstore dan download juga cepat (dengan catatan sinyal 3g bagus).


  8. Sesuai sisa ram yang besar tadi, maka setelah saya check performance rom ini dengan antutu, hasilnya tergolong besar dibandingkan rom-rom yang lain.




  9. Yang menjadi ganjalan adalah saat saya mau menggunakan maps. Menurut pengalaman yang saya rasakan dengan HP saya, maps kurang akurat, terlebih saat saya gunakan untuk mencari my current place... 




  10. Sebelum ini saya menggunakan rom MIUI 5 update April 2014, dan saat saya coba manfaatkan fasilitas wifi di tempat kerja, wifi dapat berjalan lancar. Tapi saat saya memakai rom siagusmod v2.1 ini, entah kenapa wifi tidak bisa menyambung, selalu ada tulisan autentation problem... Biarpun sebetulnya bisa disiasati melalui setting wifinya, tetapi cukup mengganggu juga.  Kurang tahu jika dicoba di HP lain, atau wifi di tempat lain.
  11. Satu sisi yang kurang sip lagi adalah bug di bagian radio. Begitu saya buka, radio bisa menyambung dengan beberapa chanel, hanya saja seperti sinyalnya kecil sekali. Hanya terdengar kresek-kresek... Hmmm, tidak tahu juga kalau dicoba di HP lain. Hanya saja, di rom lain tidak ada masalah dengan radio ini. So, bagi yang suka dengerin radio, alternatifnya adalah download radio online di playstore...


  12. Setelah beberapa hari menggunakan rom ini, nilai positif yang paling terasa adalah ngacirnya performance. Dengan sisa ram seperti ini, saya yakin bagi yang suka ngegame, tidak akan menemui kendala. Dan senengnya, rom ini sangat awet di konsumsi baterai... Ini yang saya cari-cari, rom yang awet baterai!
Kesimpulan:

Mau pakai atau tidak, silahkan dikaji sendiri ya... Jika seneng dengan sisa ram besar, yang berimbas dengan tidak menemui lag, lalu lancar buat game, dan baterai awet, maka rom anak negeri ini layak dicoba. Sekalian mengapresiasi kreativitas anak sebangsa Bro... Sedangkan beberapa bug yang saya temui sebetulnya juga bisa disiasati juga kok... Yuk, ngacirrrr....!!!!

3 komentar:

  1. reuploda donk gan, link mati tu

    BalasHapus
  2. Coba cari di grup FB aja Gan... Banyak rom juga kok disana...

    BalasHapus
  3. om kalau rom siagus di oprek buat di repatisi bisa g om?

    BalasHapus