Selasa, 10 Desember 2013

Cara Mudah Masuk Ke Recovery Mode HP Android

Salam....

Biarpun sederhana alias simpel, ternyata banyak yang bingung juga cara masuk ke recovery mode bagi pemilik HP Android yang ingin flash suatu rom atau aplikasi. Bagi yang sudah berkali-kali custom rom, tentu hal ini bukanlah masalah. Tapi bagi yang masih pertama kali, kadang jadi masalah yang pelik juga... Alias bingung.

Banyak cara sebetulnya. Yang paling umum dan tidak butuh apa-apa selain tangan adalah memakai cara manual. Yang sudah baku, ya pencet tombol volume up + volume down , atau  power dan volume secara bersamaan saat android sedang loading / booting saat HP baru dinyalakan. Rupanya cara ini sering kali juga bikin BT, karena kadang ga pas, atau jari tangan sampai sakit tapi ga mau-mau, atau bahkan tombol power dan volumenya jadi jebol. Dan memang sulit cari timing pasnya...

Untuk itu, perlu juga alternatif lain, yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi. Banyak sekali aplikasi di playstore yang bisa digunakan untuk mengakses recovery mode ini. Beberapa di antaranya adalah:


  1. Mobileuncle.
     
  2. Rom Toolbox
  3. Rebooter
Selain tiga aplikasi di atas, tentunya masih banyak aplikasi lainnya. Semua bisa dicari di playstore (termasuk yang tiga di atas ya). Nah, setiap aplikasi tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu, aplikasi mana yang terbaik? Relatif tentunya. Tergantung siapa dan sukanya apa.

Tetapi bagi saya pribadi, saya lebih seneng memakai rebooter sekarang, alasannya karena saya hanya butuh masuk ke recovery mode. Tetapi jika ingin fitur yang berlebih (misalnya agar gampang ganti font, logo booting, dll), maka rom toolbox bisa dipilih. Kalau ingin aplikasi yang ukurannya kecil dan kompatibel dengan sebagian besar rom dari china, bisa dipilih mobileuncle. Tetapi, intinya ya sama aja.

Sooo.... Semua terserah kita masing-masing. Moga info ringan ini ada gunanya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar