Senin, 07 Maret 2016

Panduan Lengkap Downgrade Motorola Droid Razr M xt907 dari Kitkat ke Jelly Bean 4.1.2

Met pagi semua...

Kebetulan abis tukar tambah sesama HP bekas, dan nyantolnya ke Motorola Droid Razr M xt907. Udah bulukan sih, tapi spec-nya masih lumayan bagi saya.

Begitu lihat-lihat dalemnya, ternyata sudah diupgrade ke Kitkat, dalam kondisi sudah unlocked bootloader, bisa pakai CDMA bisa juga GSM. Awalnya saya utak-atik dulu, dari ngilangin logo unlocked bootloader, ngeroot, dan upgrade ke unofficial cyanogenmod 12. Hanya saja, kok ada kendala HP cepet panas dan baterai lumayan ngedrop. Lalu baca-baca di kaskus, rom yang paling stabil di baterai buat motorola droid razr m xt907 ini adalah rom 4.1.2, maka cepet-cepet saya cari cara downgradenya.

Banyak sih yang sudah ngulas, tapi rata-rata dalam bahasa asing, dan repotnya, susah banget untuk cari firmware atau rom asli JB (4.1.2) buat HP ini. Banyak link yang sudah mati. Tapi syukurlah, akhirnya ketemu juga dan bisa di download.

Nah bagi yang ingin ikutan downgrade juga, silahkan kalau mau lihat cara saya ini, semoga membantu.

Sebelum memulai, pastika dulu motorola razr m xt907 agan-agan sudah dalam kondisi:

  1. Rooted
  2. Unlock Bootloader
  3. Berada di kitkat 
Dan tentu saja, komputer atau laptop agan-agan sudah diinstal:
  1. Motorola Devices manager terbaru, silahkan check dan download di sini
  2. RSD Lite, yang digunakan buat ngeflash rom. Silahkan download di sini.  Saya memakai versi 6.1.4 kemarin
Kalau sudah, silahkan download bahannya berupa:

  1. Rom 4.1.2, silahkan download di sini, kebetulan saya memakai yang pertama (atas). Dapetnya zip ini gan: VZW_XT907_4.1.2-9.8.1Q-66_1FF.xml.zip
  2. 1 bahan lagi yakni downgrade.zip yang nanti harus diekstrak dan diambil file .xml-nya. Silahkan lihat dan download di sini.


Akhirnya mari kita mulai:

  1. Untuk memudahkan, silahkan buat folder, misalkan downgrade. Letakkan semua downloadtan tadi disini gan...
  2. Ekstrak rom 4.1.2 yang tadi sudah didownload, maka terbentuk folder baru VZW_XT907_4.1.2 dst.... Buka folder tadi, maka didalamnya akan ada file .xml
  3. Ekstrak file downgrade.zip yang tadi download.  Didalamnya ada beberapa file, tapi yang penting yang dilingkari gan...
    Ambil file xml ini, dan letakkan di folder VZW_XT907_4.1.2 tadi (ganti xml dengan xml di file downgradenya).
  4. Lanjut, jalankan RSD Lite yang sudah diinstal di laptop.
  5. Matikan HP, lalu masuk ke mode fastboot. Caranya tekan bareng-bareng tombol vol + dan -, ditambah tombol power. Kalau saya sih lebih memilih lewat aplikasi yang saya unduh dari play store. Jadi ga pegel dan ga bikin rusak tombol-tombol.
  6. Colokkan HP ke laptop menggunakan kabel USB aslinya. Atau kalau ga ya kabel USB yang bermerk. Kebetulan saya pakai punya lenovo. Pastikan device (HP kita) sudah terdetek laptop. Caranya check di control panel.  
    Kalau sudah kedetek, ada tulisan ADB seperti yang dilingkari gan....
  7. Maka akan muncul tulisan XT 907 di tabel RSD yang agan buka, di bagian no 1, artinya HP kita sudah kedetek oleh laptop dan siap untuk diflash.  Sorot atau klik device agan...!
  8. Kalau sudah, pilih file XML yang ada di folder VZW_XT907_4.1.2 tadi (yang sudah diganti ya gan), dan silahkan klik start! Maka proses flashing akan berlangsung. SIlahkan tunggu hingga kelar. 


Ok, silahkan reboot HP agan... Hasilnya HP Motorola Droid Razr M XT907 agan sudah di Jelly Bean, sekaligus sudah unlock bootloader.  Kalau sinyal HP bagus, tapi sinyal internet ga jalan, itu hanya masalah di pengaturan APN (Access Point Names) gan, silahkan isi APN-nya sesuai dengan sim yang agan pakai. Bagus juga kalau langsung dimatiin updater-nya gan. Kalau saya, diroot dulu abis itu saya freeze updaternya via Titanium. Oh iya, saya pakai laptop wndows 7, 32 bit.

Semoga tulisan ini membantu agan-agan yang ingin downgrade ya...

3 komentar:

  1. Gan ane juga pake motorola droid razr m xt907 os android kitkat, belum unlockbootloader, dan belum root. Hp setelah upgrade dari JB ke K jadi sering restart juga. Tolong share cara unlock bootloadernya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo root pake kingroot aja. Moto ane root pake app itu free di playstore

      Hapus
  2. COba cari tutorialnya di forum XDA aja gan... banyak disana. Maaf ga bisa bantu, berhubung dah lama ga pakai moto lagi gan...

    BalasHapus