Minggu, 13 April 2014

REVIEW ROM XPERIA V2 UNTUK LENOVO A800

REVIEW ROM XPERIA V2 A800Len
Seakan Memegang Sony Xperia

Met malam...

Setelah beberapa kali mencoba ROM miliknya merk samsung, kali ini saya ingin merasakan sistem sony xperia. Kebetulan teman kerja saya udah ngebet dengan Xperia Z1 yang 8 jutaan itu.... :P Jadi ya sebagai pelipur lara, dikit-dikit saya pengen ngrasain dulu, semoga aja sistem rom ini ada mirip-miripnya dengan Z1 itu.
            Nama rom       : XperiaV2_A800Len
            Ukuran file      : 232MB
            Type file          : WinZip File (.zip)
            Sumber file      : Klikini!
            Catatan            : Hanya untuk yang Hpnya sudah diroot dan pernah custom rom

Yuk kita mulai!
Sebelum masuk ke recovery memakai aplikasi power options, saya pastikan dulu apakah rom XperiaV2 yang saya download udah saya taruh di SD card atau belum.
Setelah yakin, maka saya masuk ke recovery mode.
  1. Di recovery mode, tentu sebelum flashing, seperti biasa saya wipe dulu (wipe data, chace, dan factory reset) biar ga bootloop.


  2. Setelah proses wipe kelar, maka segera saya mulai flashing.... Dan berjalan lancar. 
  3. Setelah proses flashing selesai, maka segera saya reboot ke system.... Dan alhamdulliah lancar. Boot animationnya cantik juga.... 
  4. Begitu masuk ke halaman utama, kok ga seperti biasanya ya... Jika rom yang lainnya biasanya bahasa china, yang ini ga tahu saya. Kayak bahasa thailand / philipina gitu. Tapi ga masalah juga, tinggal ganti juga di settingan kan....









  5. Yang lucu, begitu saya check info HPnya, Lenovo berganti nama menjadi xolo a700...

  6. Begitu bahasa sudah saya ubah, maka saya leluasa melihat fitur2nya. Fitur standar: Ada pengaturan kecerahan otomatis, dan ada TV out (biarpun saya belum mencobanya)

  7. Sudah tersedia playstore, jadi ga usah susah-susah ngeflash. 
  8. Aplikasi yang keren dari Rom ini adalah : adanya boost audio, album, dan walkman (khusus walkman, karena keren maka saya backup aja pakai titanium, biar lain kali klu ganti rom bisa saya pakai lagi)













  9. Sedangkan aplikasi wajib standar berupa phone, sms, dan launchernya lumayan bagus juga.








  10. Saat belum diberi beban aplikasi tambahan, ram yang tersisa sekitar 170-an MB. Tidak terlalu besar menurut saya.
  11. Dan saat sudah saya tambah dengan beberapa aplikasi wajib, ram tersisa 60-an MB.
  12. Rupanya, bug yang sering dijumpai di rom lain ternyata juga berlaku di rom ini. Fitur radionya ga jalan Gan.... :(  Untungnya, fitur wifi dan internet lancar, jadi kalau mau setel radio, ya terpaksa download radio streaming.
  13. Di layar home, disediakan 5 layar yang bisa diisi aplikasi atau widget. Launcher yang digunakan adalah sonyericson launcher.
  14. Saat mau mencoba keakuratan peta, saya menemui kesulitan untuk ngelock lokasi saya, padahal gps juga sudah saya nyalakan.

  15. Mungkin satu nilai plus rom xperia ini menurut saya adalah konsumsi baterai yang tidak rakus. Minimal jika saya bandingkan dengan rom golden A800, yang xperia ini lebih irit.
  16. Terakhir, kinerja rom saya check dengan antutu, dan hasilnya standar2 saja seperti HP dual core mediatek lainnya.





Kesimpulan:

Dari segi performance, menurut saya rom ini lumayan enteng dan smooth. Nilai plus lainya terletak pada tersedianya fitur-fitur khusus (boost audio, TV out). Lalu aplikasi album galery yang lumayan keren, dan tentu saja fitur walkmannya yang bagus banget. Dari pemakaian daya, juga tergolong bersahabat. Nilai minus dari rom XperiaV2_A800Len ini terletak pada aplikasi radionya yang ga jalan. Sooo..... Silahkan pertimbangkan sendiri, mau mencobanya atau tidak. 

4 komentar:

  1. gak bisa gan romnya error katanya.reupload donk gan yg benernya

    BalasHapus
  2. gk bisa gan romnya.please re upload lagi..

    BalasHapus
  3. Coba yg skrg Gan.... Dah sy test bisa tuh!

    BalasHapus
  4. setiap buka galery/album foto dan video kok mesti reboot ya??
    thanks

    BalasHapus