Selasa, 08 April 2014

REVIEW ROM GOLDEN A800

GOLDEN A800 ROM, Apakah Cocok Sesuai Namanya?


Met pagi....

Daripada galau karena ga bisa ikut nyoblos di TPS gara-gara KTP yang ga sesuai domisili, ya udah saya pulang lagi ke rumah dan memanfaatkan detik-detik libur yang berharga ini untuk review sebuah ROM yang dari namanya saja sudah menarik. Yuk kita review aja ramai-ramai....
            Nama rom       : Golden A800 ROM
            Ukuran file      : 158 MB
            Type file          : WinZip File (.zip)
            Sumber file      : Klik aja ini!
            Catatan            : Hanya untuk yang Hpnya sudah diroot dan pernah custom rom
Ok, setelah selesai didownload, saya masuk dulu ke recovery mode. Kebetulan di rom sebelumnya yang saya pakai ada aplikasi power yang bisa buat masuk ke recovery, maka saya menggunakan itu saja. ROM Golden A800 saya taruh dulu di sd card, dan saya check dulu lewat recovery mode sebelum saya wipe data, cache, dan factory reset.

  1. Karena sudah jelas ada di sd card, maka saya bersiap untuk flashing. Saat mau flashing, saya sempatkan wipe data dan chace, lalu saya memilih internal card aja buat naruh hasil flashnya.
     
  2. Setelah proses flashing kelar, maka saya segera masuk (reboot) ke sistem. Dari animasi rebootnya, sudah jelas bahwa biarpun namanya Golden A800 ROM, tetapi rom ini mengambil atau berkiblat pada ROM galaxy S4 punyanya samsung. 
  3. Begitu mulai masuk sistem, ternyata kita yang warga Indonesia ga bakal kesulitan karena bahasanya adalah BHS Indonesia.
    Sooo, sangat membantulah buat kita-kita. Maka saya sekalian mencoba fasilitas launchernya, dan saya liat-liat dulu aplikasi bawaannya. Nilai plus lagi, coba agan2 amati fontnya, ternyata beda dari yang lain kan?



  4. Saat masuk ke setting sistem, berikut ini adalah pilihan2nya.







  5. Rupanya, launcher bawaan yang dipakai adalah launcher sonyericson, biarpun ROMnya punyanya Galaxy S4. Kebetulan sekali nih, karena saya memang senang dengan launcher ini. Jika ada yang belum pernah makai, maka silahkan cermati fitur2nya di bawah ini!






  6. Setelah saya coba beberapa saat, rupanya ada error dikit. Biarpun sudah ada aplikasi superuser, rupanya ada crash. Sistem ada error dengan masalah rootnya, artinya dikatakan sistem belum keadaan root. Maka mau ga mau saya saya root lagi aja memakai bantuan laptop saya.


  7. Setelah beberapa kali ganti rom, saya memang sengaja langsung flash playstore sekaligus saat flashing rom. Ga peduli romnya sudah menyediakan atau belum. Daripada ntar harus masuk ke recovery mode lagi buat flashing kan?
  8. Karena saya pernah memakai rom yang namanya Galaxy S4, maka saya coba check aplikasi bawaan Golden A800 ini, yakni aplikasi phone, sms, dll. Ternyata sama Gan... Bedanya, kalau galaxy S4 rom dulu bermasalah dengan proses syncronisasi kontak dengan akun google, yang Golden A800 ternyata tidak menemui kendala. Lalu di rom ini, yang menciptakan kayaknya maniak dengan komik one piece deh...hehhee. Liat aja di aplikasi smsnya....  :)



  9. Nilai plus di aplikasi bawaan, sudha disediakan power option (bisa masuk ke recovery mode), dan ada xtrem boaster (yang menurut saya juga ga banyak efeknya)

  10. Untuk mengetahui seberapa ram tersisa setelah dipakai berhari-hari, maka saya instal dulu beberapa aplikasi wajib, semisal sosial media, news, sebuah game (real steel), animasi weather, dll. Maka terlihat bahwa ROM Golden A800 ini lumayan tangguh. Masih tersisa sekitar 60-70 an Mb. Jika beberapa aplikasi berjalan, sekitar 40-an Mb. Tapi lumayan smooth kok Gan...




  11. Saat saya coba menggabungkan launcher bawaan dengan launcher lain, ternyata tidak ada crash. Kebetulan saya senang dengan launcher sidebar launcher. Tinggal geser kanan kiri muncul berbagai pilihan... So, buat multitasting launcher sidebar ini sangat membantu.

  12. Buat agan2 yang suka bepergian, saya coba review kemampuan petanya. Dan dengan bantuan GPS dinyalakan, hasilnya lumayan akurat... Sekitar 10 m.


  13. Saat saya nyalakan wifi maupun akses internet, semua berjalan lancar. Sinyal pun stabil.
  14. Buat yang suka dengan animasi, maka ROM ini rekomended. Setiap perpindahan aplikasi, maka kita akan disuguhi animasi perpindahan yang ga ngebosenin. Mungkin ini juga ngaruh ke pemakaian baetrai juga ya...
  15. Terakhir, ga afdol jika tidak coba check kinerjanya secara objektif. Maka hasilnya sebagai berikut!


  16. Karena penasaran dengan kinerja baterai, maka saya coba tambah lagi animasi wallpaper (pakai wallpaper Descipabel Me).

    Setelah sekitar 3 minggu memakai rom ini, dapat saya simpulkan bahwa baterai bertahan dari pagi jam 06.00 - 19.00 WIB dengan pemakaian standar. Jika bukan karena faktor baterai saya yang mulai soak, maka ROM ini lumayan boros baterai... Atau mungkin juga karena pemakaian aplikasi yang lumayan penuh juga ya? Berikut ini daftar aplikasi yang saya pakai...



  17. Satu masalah yang baru saya rasakan baru-baru ini ialah adanya bug di aplikasi radio. Begitu saya nyalakan radio, ga terdengar bunyi apa-apa. Pilihan stasiunnya ada, tapi ga terdengar apapun... Moga yang bikin rom segera meng-updatenya. 
  18. Bagi yang seneng musik, relakan untuk download sendiri music playernya dari playstore ya, karena emang blom disediain dari awal.
  19. Hmm.... Coba agan2 coba sendiri deh...

Kesimpulan:
Golden A800 ROM ini lumayan rekomended juga menurut saya. Termasuk kuat menerima berbagai aplikasi, menyediakan aplikasi bawaan yang membantu, animasi2 yang menarik, model transparan, dan sangat cocok dengan yang suka sama tampilan merk samsung. Sedikit masalah (mungkin cuma di HP saya), yakni di bagian root, lalu juga di kinerja baterai yang menurut saya lumayan rakus, terakhir radio yang ga jalan. Tetapi saya lumayan lama memakai ROM ini, sekitar 3 minggu. Akhir kata, biarpun sudah banyak yang mereview ROM Golden A800 ini, semoga review ringan dari saya ini bisa membantu agan-agan deh... Mungkin sebentar lagi ROM ini akan saya ganti, karena pengen mencoba XperiaV2_A800Len (yang kebetulan selesai saya download, bersamaan dengan selesainya tulisan saya ini). Tetapi, karena lumayan saya sukai, sebelum flashing, saya akan sempatkan untuk backup dulu.... Maka, bisa disimpulkan sendiri, cocok buat agan atau tidak! Lalu jawab sendiri, apakah ROM Golden A800 ini kinerjanya setara dengan namanya yang 'EMAS", atau sekedar perak...hehehhe... SALAM SAUDARA DAN SAUDARI!

2 komentar:

  1. [ROM] Golden A800 Rom

    Credits:

    Jed Lopez

    Luigi Patam Velasco

    Carlman Villareal

    Siagusmod V2.1 as base rom

    Mark Jason Nastor for Uploading

    BalasHapus
  2. bos link nya mati, ada link lainnya ga bos?

    BalasHapus